Monday, August 7, 2017

Kenapa Seorang Ibu Tega Membuang Bayinya?


Setiap kali gue mau buka Facebook ibarat mau buka Kotak Pandora, degdegan karena gak tahu isi timeline bakal muncul apaan.

Kadang bikin terngaqaque, tercyduk, sampai terpelatuque. Gak ngerti deh sama bahasa anak sekarang.

Dan...

Bikin elus-elus dada.

Timeline gue hari itu tiba-tiba aja penuh foto-foto bayi. Beberapa teman nge-share foto bayi yang ditemukan di sebuah got di salah satu kampus di Tondano, Sulawesi Utara.

Gue familier sama kampus ini karena dulu waktu kuliah sering jalan-jalan ke sini. Beberapa teman SMA emang ngelanjutin kuliah di kampus ini. Pernah nginap juga saat ada kegiatan mapala salah dark satu fakultas.

Bayi perempuan yang ditemukan masih dengan plasentanya oleh seorang tukang ojek yang pas ngelewatin daerah itu. Tubuhnya dipenuhi pasir dan ada beberapa luka lecet di beberapa bagian.

Kebayang gak seonggok anak manusia yang baru lahir dibiarin di got kotor? Kayaknya buang binatang juga gak bakal setega itu. Ini anak bayi, loh.

Tapi, ada baiknya jangan selalu memakai pola pikir untuk langsung nge-judge duluan. Apalagi zaman sekarang saat banyak yang menjadi jempol warrior, menghakimi orang lain udah jadi makanan sehari-hari. Padahal setiap cerita selalu ada dua sisi. Yang keliatan dan yang tak diceritakan.

Coba kita kulik apa sebenarnya yang menjadi alasan seorang ibu tega membuang anaknya sendiri? 

Monggo...

Malu
Banyak perempuan malu jika ada tetangga atau teman apalagi keluarga sendiri tahu kalau dirinya hamil di luar nikah. Tahu kan mulut tetangga apalagi mulut emak-emak, walau mulut laki-laki juga gak kalah pedas. Tiap hari pasti diomongin kalo ketahuan ada perempuan yang hamil sebelum nikah. Direpetin aja terus kayak diri sendiri gak pernah bikin dosa. 

Karena gak ingin malu, ada yang bisa menyembunyikan kehamilannya sampai 9 bulan lalu anaknya dibuang. Yang lebih parah, ada yang tega untuk menggugurkan sejak awal tahu dirinya hamil.

Kekasih Tidak Bertanggung Jawab
Banyak, kan, laki-laki yang cuma mau enaknya aja, giliran pacarnya hamil langsung menggunakan ilmu menghilangkan diri. Lenyap aja gitu ditelan bumi. Seenak udel ninggalin semua beban ke si perempuan. Secara otomatis banyak perempuan yang gak mau menanggung beban ini, jadilah memilih jalan untuk membuang bayi darah dagingnya.

Terlalu Belia
Pernah baca statement Menkes era pemerintahan sebelumnya, prosentase yang paling besar dalam melakukan aborsi adalah perempuan yang sudah berkeluarga.

Kaget? Oh, gue juga kaget. 

Kirain para remaja yang terlibat seks bebas yang paling besar melakukan hal ini. Nyatanya hanya sekian persen. Kalo ada yang bisa survive mengandung sampai 9 bulan, sebagian besar ya mungkin bayinya dibuang karena ngerasa masih amat belia dan gak sanggup ngurusin.

Keluarga Tidak Terbuka
Segala sesuatu dimulainya dari keluarga. Kalo dari awal mengajarkan anak untuk terbuka, baik itu hal baik maupun buruk, anak-anak yang tersandung kasus hamil di luar nikah gak akan memilih untuk membuang bayinya.

Justru banyak keluarga yang ikut menghakimi duluan saat anaknya hamidun sebelum nikah. I've seen this so many times, karena dulu ada beberapa teman yang mengalami.

Apalagi kalo keluarganya sangat keras jadinya anak ketakutan untuk bercerita tentang apa yang menimpanya. Padahal saat tahu dirinya hamil itu udah bikin stress banget. Jadilah dipilih jalan pintas yang bisa menyelamatkan dirinya. Masih untung gak sampe bunuh diri. Dalam posisi begini sebenarnya rentan suicide, loh. Mereka memilih survive dengan mengorbankan hal lain. Membuang bayinya.

Serba Salah
Saat perempuan hamil di luar nikah, banyak omongan miring yang muncul di sekitarnya. Dia jadi malu.

Saat perempuan memilih mengaborsi, banyak yang menghujatnya. Dia ikutan stress.

Dan saat perempuan memilih membuang anaknya, lebih banyak lagi makian yang ditujukan padanya.

Jadinya semua serba salah. 

Perempuan yang membuang bayinya sendiri emang salah banget. Yang membunuh juga lebih parah lagi. Tapi ada baiknya, lihat dulu, kenapa banyak sekali kasus perempuan sampai tega membuang bayinya sendiri?

Lingkungan yang baik itu gak ngomongin keburukan orang lain sampe ingin menjatuhkan saat dia berbuat salah. Keluarga yang baik juga gak bakal menghakimi saat anaknya telanjur berbuat dosa.

Kalo semua bisa dengan terbuka menerima kesalahan seseorang, rasanya gak bakal ada ibu-ibu yang bakal membuang bayinya hanya untuk survive dari lingkungan yang kejam.

Oh iya, tentang si bayi yang ditemukan itu, udah dirawat di RS Bethesda Tomohon. Udah dibersihin, diobati lukanya, sampe dikasih susu. Gue liat itu di-live video dari salah satu suster yang kerja di RS itu. Kayaknya juga udah ada yang mengadopsi si bayi.

Semoga ke depan, kita bisa menjadikan lingkungan yang gak akan membuat banyak perempuan merasa takut saat dirinya hamil di luar nikah. Iye tahu, itu perbuatan dosa. Harusnya si perempuan sadar sebelum melakukan. Lah, kalo udah kejadian mah gak usah musingin dosanya si perempuan yang penting dia ngerasa aman aja dulu. 

Cukup ingat aja, dosa tanggung masing-masing. Jadi gak usah sok klean semua suci dan si perempuan penuh dosyaaa~

2 comments:

  1. Ohh bayi yg dibuang selamat ya mba.. Syukurlah.. Aku ga mau ikutan judge soal ibu yg tega membuang, krn seperti katamu, kita ga tau alasan dia melakukan itu :(. Yang pasti dr akunya sendiri, aku ga mau membuat anakku sampe punya pikiran gitu. Kalo the worst case amit2 mereka sampe hamil di luar nikah *kalo bisa jangan :(, at least aku pgn mereka tau masih ada keluarganya yg mau menerima dan menolong mereka. Jgn sampe bayi ga bersalah dibuang ato bhkan diaborsi :( ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa sebaiknya jangan hamil di luar nikah emang. Soalnya aku juga punya anak perempuan. Tapi kalo ada kejadian seperti itu ya, sebagai ortu baiknya menerima dan menguatkan si anak.

      Delete