Sunday, June 4, 2017

Saat Berbelanja Online bukan Dosa

Lain di hati lain di bibir. Kayaknya itu analogi yang pas banget buat buibuk yang tadinya udah nge-list bahan belanjaan etapi pas nyampe ke minimarket/supermarket atau pasar yang dibeli melenceng jauh dari list.

Dari mulut keluar banyak penawaran ke penjualnya. Padahal tadinya cuma mau beli cabe, tomat, dan bawang malah nambah beli tepung ketan, gula merah, sama kelapa parut. Tadinya cuma mau beli bumbu dapur malah kalap beli bahan untuk bikin klepon buat nyemil. Abis itu ngeluh, kok gak kurus-kurus? Ya gimana, cita-cita pengin kurus eh hobinya makan.

Saya termasuk buibuk labil itu. Yamaap, lapar mata kadang suka terjadi kalo lagi belanja. Akhirnya keinginan lebih besar daripada kebutuhan. 

Padahal buibuk rumah tangga dituntut harus pintar buat mengatur dan mengontrol keuangan keluarga. Soalnya kalo sampe salah atur ya bisa berabe. Gak mau kan jadi seperti itu. 

Mbak Prita H. Gozie seorang pakar Financial Planner Professional berbagi ilmu "Smart Financial dan Happy Ramadan" buat buibuk yang hadir di acara Happy Meet Up with Happy Fresh

Dok: Lisna

Karena sudah masuk di bulan Ramadan, ilmu ini penting banget buat buibuk yang suka kalap saat belanja. Karena salah satu tujuan berpuasa adalah untuk menahan diri dari segala macam godaan. Tapi pas berbuka doyan banget tergoda buat belanja melebihi anggaran yang udah disiapin selama bulan puasa.

Ada beberapa tips yang bisa ditiru dan dipraktikkan:

Buat anggaran Ramadan 

Kita harus mengalokasikan dana-dana yang diterima untuk kebutuhan Ramadan dengan prosentase; 5% untuk zakat, 10% dana darurat, 40% biaya hidup, 20% cicilan, 5% tabungan investasi, dan 20% Ramadan lifestyle.

Prosentase di atas juga berlaku untuk diterapkan setiap bulannya. Karena pengalokasian dana yang baik gak cuma berlaku saat Ramadan aja.

Pos dana darurat

Harus selalu untuk mempostkan dana darurat. Karena dana darurat sering kali lupa untuk dialokasikan padahal ini salah satu alokasi dana yang penting jika-jika dibutuhkan untuk keperluan mendadak.

Rencanakan keinginan

Sama kayak Nobita yang ingin ini ingin itu banyak sekali, setiap manusia selalu punya keinginan. Masalahnya, jika kita menginginkan sesuatu, harus direncanakam terlebih dahulu. Gak bisa asal kalap aja sehingga kebutuhan terabaikan.

Cerdas berbelanja

Ingat, belilah sesuai kebutuhan bukan keinginan. Terutama jauhi keinginan yang bisa bikin tubuh melar ujungnya nyalahin suami kenapa susah kurus. Cerdas berbelanja itu penting, buibuk.

Do it online 

Pas Mbak Prita curhat kalo dia lebih senang belanja online, rasanya mau bersorak bahagia dan ngajak tos. Ternyata kita sama, Mbak. Bedanya, Mbak Prita memilih belanja online agar uang gak keluar melebihi budget. Karena kalo belanja online biasanya kita udah tahu apa aja yang mau dibeli. Jadi bisa menghemat anggaran belanja. Saya mah boro-boro, kebalikan banget dari Mbak Prita.

Makanya semua tips di atas kudu banget diaplikasikan secepatnya dalam kehidupan keuangan keluarga saya. 

Nah, belanja online juga gak asal sembarang belanja online, sih. Balik lagi ke tips cerdas berbelanja di mana kita juga harus cerdas memilih online shopping yang mendukung semua kebutuhan rumah tangga.

Happy Fresh hadir untuk mengisi kebutuhan yang diperlukan buibuk rumah tangga dalam hal online shoppingMbak Emi selaku Marketing Branch Happy Fresh memaparkan kenapa kita harus menggunakan Happy Fresh dalam berbelanja online untuk kebutuhan rumah tangga dan fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi yang mendukung customer.

Dok: Lisna

Kenapa buibuk harus belanja di Happy Fresh? 

1. Harga semua item barang sama dan sesuai dengan harga supermarket. 
2. Memiliki banyak cabang supermarket. Jadi tidak terpaku pada satu supermarket saja. 
3. Terdapat promo khusus di bulan Ramadan.
4. Shop it forward adalah program terbaru Happy Fresh untuk donasi kita kepada yang membutuhkan. 
5. Bisa mengatur waktu pengiriman belanja sesuai dengan jadwal diantar sampai ke alamat tinggal kita. 
7. Happy Fresh memiliki shopper-shopper yang handal dalam berbelanja dan memilih kualitas yang bagus untuk belanjaan pesanan. 



- Website : HappyFresh Indonesia

- Instagram : HappyFresh_ID

- Twitter : HappyFresh_ID

- Facebook : HappyFreshID

2 comments:

  1. wah bener banget yak dengan cara belabja online bukti klu kita cerdas

    ReplyDelete
  2. wah bener banget yak dengan cara belabja online bukti klu kita cerdas

    ReplyDelete