Saturday, June 3, 2017

Saat si Kakak Hilang

Cuaca cukup menyengat saat kaki kami menapak di halte Kalijodo. Ini kali pertama kami ke sini karena iseng nyobain naik City Tour Jakarta dari halte Monas. Tadinya kami dari sebuah mal besar di pusat Jakarta, gue menghadiri undangan bloger dari salah satu e-commerce. Karena gak mau sepi jalan sendiri, jadilah suami dan dua krucil ikut menemani.

Gue sebenarnya udah terkantuk-kantuk selama City Tour bus berjalan. Badan terasa lengket dan gerah. Si adek bahkan sudah pulas di pangkuan. Sementara si kakak asik main game dari ponsel papanya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, tibalah kami di halte yang dituju.

Ramai. Padahal hari sudah sangat sore. Begitu kesan yang gue dapat setibanya di lokasi yang dibangun Bapak BTP yang kini dipenjara. Padahal belum lama taman ini diresmikan. Suasananya sesuai dengan apa yang gue liat di medsos. Dibangun untuk kebutuhan rekreasional dan kreativitas warga. Khususnya remaja dan anak-anak yang tampak sangat menikmati. 

Rangkaian mural di dinding, cosplay low budget dari beberapa animasi anak terkenal, manusia hantu, dan cosplay dari beberapa superhero yang cukup mirip dengan aslinya, barisan wahana mainan juga berjejer sepanjang jalan. Mulai dari becak, motor, mobil-mobilan, sampai skuter. Yang kesemuanya menarik minat anak-anak. Apalagi anak-anak gue. Gak perlu nunggu lama buat berdua merengek minta naik macam-macam permainan itu. 

Gue memilih duduk di aula terbuka dengan segambreng barang bawaan. Kami memang memilih naik kereta alih-alih membawa kendaraan sendiri. Lebih cepat dan praktis. Tapi melelahkan karena barang bawaan dari acara bloger mesti gue tenteng sendiri. Suami kebagian tugas jagain krucil main. 

Si kakak memilih sebuah motor balap mini yang langsung bisa dikuasainya hanya dengan sekali liat. Anak laki-laki gue ini emang excited dan gampang tanggap untuk hal-hal begini. Kadang bikin gue cemas karena terlalu aktif. Sedangkan adeknya memilih naik motor mainan bentuk vespa yang kayak di mal-mal itu. Papanya lebih milih ngintilin si adek sambil tetap merhatiin si kakak.

Selang tak lama, gue mendekati suami yang udah ngejogrok di rumput. Si adek sibuk muter dengan motornya, sedangkan si kakak udah gak keliatan. Suasana makin ramai karena orang-orang masih banyak yang berdatangan. 

Lima menit. Sepuluh menit. Si kakak belum juga muncul. Gue udah mulai khawatir. Si kakak mungkin udah selesai main motor mini dan jelalatan ke mana-mama karena rasa penasarannya yang sangat besar. Sikapnya yang kayak begini yang suka bikin gue senewen tiap kali ngajak dia jalan. Udah berapa kali gue mesti musing nyariin dia ke mana-mana setiap kami ke mal atau ke lokasi terbuka seperti ini.

Akhirnya suami mulai bangkit dan berkeliling. Gue ikut dari belakang sambil berhenti sebentar buat motoin barisan cosplay seperti Iron Man, Power Rangers, Bumblebee, dan Manusia 1001 Malam. Cemas boleh tapi dokumentasi jalan terus. Ya maap, walau cemas banget gue gak mau keliatan cemas dan mikir macam-macam. Jadi gue alihkan dengan tetap ngambil foto.

Kami berjalan sampai ke ujung taman. Suami kembali lagi ke arah sebaliknya tanpa hasil. Gue makin cemas. Di keramaian seperti ini bagaimana kami bisa menemukan si kakak?

Dalam hati rasanya pengin nabok si kakak karena selalu bikin mamanya setresss. Pengin ngejewer, nyubit, dan lain sebagainya biar dia kapok. Entah cuma gue apa emak-emak yang lain juga suka merasakan hal yang sama. Tapi gue suka gitu, pas udah ketemu yang ada mah dipeluk dan bilang jangan bikin cemas papa sama mama lagi. Lupa sama kesel yang tadinya udah seubun-ubun.

Untungnya kecemasan gue gak perlu berubah status menjadi siaga 1. Suami sudah duduk di salah satu jalur sepeda dengan si kakak. Gue menjadi lega. 

Yang lucu adalah, gue ternyata sudah melihat si kakak sebelumnya. Oke, kamera ponsel gue yang ngeliatnya. Gue gak ngeh karena sibuk motoin si manusia 1001 malam yang ngambang kek eek. Emaap. Jadi selesai foto, gue langsung berlalu tanpa merhatiin kalo si kakak jadi photobomb di dalamnya. Udah cemas dan khawatir ternyata anak gue mainnya cuma di dekat situ doang. Wkwk.

YA NAMANYA JUGA BUIBUK, KALO KEHILANGAN ANAK DRAMANYA NGALAHIN KELEBAYAN DRAMA INDIA. 

Si kakak di antara manusia eek dan ranger merah

Tak berapa lama kami memilih pulang. Kembali menuju stasiun kereta terdekat dengan kendaraan online. Tapi sebelumnya gue sempetin dulu pose cantik di mural yang mesti difoto berkali-kali sambil dikit-dikit ngomelin suami kalo ada hasilnya yang gak sesuai harapan. Biasalah, makemak ribet.



Itu menjadi salah satu perjalanan keluarga kecil gue yang lengkap. Biasanya suami jarang ikut karena sering keluar kota. 

#NulisRandom2017

4 comments:

  1. pusing bu kalau anak hilang. jangan sampai terjadi lagi bun. harus lebih hati hati.

    ReplyDelete
  2. Aku beberapa waktu lalunke RPTRA Kalijodo dan langsung kagummmm bukan main.

    ReplyDelete
  3. aku belum punya anak tapi ngerti gimana rasanya. soalnya kalau libur sekolah para keponakan kan main ke rumah neneknya (emak saya). dan aku kebagian ngajakin mereka jalan-jalan. salah satu keponakan yang cowok tuh aktif banget, sampe capek ngikutinnya. nggak diikutin takutnya ilang hahhahaa

    ReplyDelete
  4. Iya kalau ke tempat umum anak gak keliat dikit udah langsung nyariin deh, ngeri jaman skrng huhuhu

    Btw itu knp disebut manusia eek dlm foto? hehehe

    ReplyDelete