Tuesday, September 18, 2018

DONOR DARAH UNTUK KEMANUSIAAN #AksiSehatCeria


Gue punya hubungan love and hate relationship dengan jarum suntik. Semacam menikmati ketika jarum masuk ke kulit tapi agak ngeri ketika melihat jarum tersebut ditusuk ke area tertentu di badan gue. Aneh ya. Masokis tapi takutan.

Kalau dihitung sejak kecil sudah tidak terhingga berapa kali gue disuntik. Dari suntik imunisasi, suntik tetanus karena dilempar garpu di kaki sama kakak gue sewaktu masih kecil, suntik infus ketika lahiran, sampai donor darah.

Btw, kapan kalian terakhir kali donor darah?

Dok: DokterSehat

Kalau gue mungkin sekitar tahun 2006. Duh, sudah agak rancu ingatan karena sudah terlalu lama. Makanya gue lupa sudah berapa kali donor darah. Lebih dari 10x mungkin. Biasanya dulu itu, gue datang ke salah satu universitas negeri yang ada di Manado yang kebetulan sedang mengadakan kegiatan donor darah.

Semenjak gue menjadi warga Tangerang, belum ada jodoh sekali pun untuk mendonorkan darah. Padahal di medsos, khususnya Twitter sering wara wiri orang-orang yang ngetwit butuh darah. Entah karena waktunya nggak pas atau lokasinya kejauhan.

Sabtu kemarin, tanggal 15 September. Berlokasi di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue, gue akhirnya mendapat kesempatan lagi untuk donor darah. Gue datang sebelum jam 10 pagi. Langsung daftar, kemudian dicek tekanan darah, dan tes HB. Puji Tuhan semuanya memenuhi syarat. Gue hanya perlu menunggu sebentar sebelum akhirnya rebahan di tempat yang sudah disediakan untuk diambil darah oleh petugas yang sudah stand by.  





Acaranya sih bukan hanya sekadar donor darah saja, ada talkshow tentang Health Talk bareng Dokter Sehat juga. Materinya menarik karena ada praktisi kesehatan yang menjelaskan tentang pentingnya nutrisi yang kita konsumsi setiap hari. Makanan apa yang bisa membantu menurunkan berat badan. Atau kenapa sih sudah atur pola makan tapi beratnya nggak turun-turun juga.

Dok: BloggerPerempuanNetwork

Setelah itu ada pembicara dari @blood4life yang ikut menjelaskan mengapa kita perlu untuk donor darah dan ternyata produksi darah di PMI saat ini baru mencapai  4,6 juta kantong pertahun. Ini sedikit sekali karena yang membutuhkan jauh lebih banyak.

Dok: BloggerPerempuanNetwork
Acara aksi sehat kemarin itu kerjasama antara Dokter Sehat dengan Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax), Ciputra Medical Center (CMC), dan Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) yang jatuh pada tanggal 17 September sekaligus menjadi bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Mengenai Indodax, mungkin banyak yang belum tahu. Gue juga. Indodax adalah platform untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat, dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset. Acara yang diberi nama #AksiSehatCeria kemarin itu merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Setelah makan siang, beberapa orang yang belum sempat donor darah sebelum acara langsung mendaftarkan diri dan dicek. Sayangnya ada beberapa teman gue yang nggak bisa donor dengan berbagai kendala; darah rendah, darah tinggi, HB rendah, dsb.

Setelah donor darah selesai kami diajak berkeliling Ciputra Medical Center. Jika biasanya konsep dalam mal adalah tempat makan, arena permainan dan berbelanja. Ciputra Medical Center hadir di mal untuk menawarkan konsep kesehatan. Jadi pengunjung mal bisa sekalian check up setelah habis berbelanja atau bersantai di mal.

Layanan kesehatannya ada cukup banyak, mulai dari dokter umum dan spesialis, akupuntur, andrologi, fisioterapi, gigi, sampai skinesthetic. Kalau yang mau coba diperiksa silakan ke Lotte Avenue Lantai 5.

Oh iya, bagi yang hobi menulis blog. Dokter Sehat mengadakan lomba blog #AksiSehatCeria yang berlangsung dari tanggal 15 September – 16 Oktober 2018 dengan hadiah jutaan rupiah.


Caranya, cukup ceritakan gaya hidup sehat dalam 500 kata di blog, kemudian share ke media sosial dan submit ke sini: Info lebih jelas bisa langsung dilihat di http://bit.ly/blogsehatceria

Info lebih jelas bisa langsung dilihat di www.doktersehat.com/blogsehatceria

Jangan sampai ketinggalan! 


1 comment: