Tuesday, September 4, 2018

Girls Day Out

"Kemarin anaknya masih ceria, hari ini cuma bisa tidur seharian. Langsung patah hati."

Di atas adalah status gue di medsos pada hari Minggu. Status itu gue tulis ketika anak gue bangun dengan kondisi demam dan lemas. Sebagai seorang ibu, hati gue kayak diremas. 

Nggak ada sinyal kalau dia bakal sakit. Tahu-tahu aja demam dan mengeluh sakit perut. Gue emang agak trauma kalau si adek mengeluh sakit, dua kali dia demam tinggi dua kali pula harus diopname di RS. 

Padahal di hari Sabtu gue dan si adek bersenang-senang. Girls day out gitu. Eh besoknya dia tepar seharian. 


Eits tenang, kondisinya sekarang sudah sehat. Saat gue menuliskan ini dia sudah beraktivitas normal dan makan yang lahap. 

Mari gue ceritakan apa yang kami lakukan pada hari Sabtu itu. 

Si adek begitu antusias ketika gue bilang, hari Sabtu ikut mama ya. Kita bakal main dan bersenang-senang. Namanya anak-anak kalau dengar kata bermain pasti langsung excited. Saking excited malah dia nggak bisa tidur menanti hari Sabtu tiba. Pukul 01.00 baru bisa lelap, itu juga setelah gue "ancam" batal pergi kalau nggak tidur. 

Pukul 06.00 dia sudah melek. Sudah siapin baju dan sepatu yang bakal pakai hari itu. Punya anak cewek emang cepat banget ngerti dan mandiri. Suka kagum sendiri ngeliat anak perempuan gue kadang bersikap lebih dewasa dari umurnya, bahkan dari gue yang notabene mamanya. 

Acara hari itu jadwalnya dimulai pukul 07.30. Jam setengah tujuh kami sudah di stasiun kereta dekat rumah. Lokasinya nggak jauh dari Stasiun Jurangmangu lanjut gojekan. Lima menit sampai.  

Kami tiba tepat waktu walau sudah cukup ramai. Di bagian depan Bumi Bambini Center, kami mendaftar dulu. Banner dan hiasan-hiasan Tolak Angin Anak bertebaran di mana-mana. Si adek mendapatkan kaos dan topi berwarna hijau sesuai dengan kemasan Tolak Angin Anak. Juga sekotak makanan berisi tiga jenis kue dan air mineral.

Dimulai dari mendaftar, lalu orangtua dan anak-anak yang sudah hadir bisa foto-foto di booth yang sudah disediakan. Tak seberapa lama ada dua maskot Tolak Angin Anak yang muncul. Gue sempat papasan dengan keduanya ketika mampir ke toilet sebelum acara dimulai. Anak-anak tampak ceria melihat dua maskot tersebut, Kakak Bunga dan Adik Jahe. 


Setelah semua peserta berkumpul, kami disuruh lesehan di terpal yang sudah disediakan. Sebelum bermain, anak-anak diajak mendengar dongeng terlebih dahulu yang adalah bridging ke acara hari itu. Dongeng tentang lebah yang mulai punah dan tugas anak-anak lah untuk menemukan di mana lebah-lebah itu berada.


Ada sekurangnya 8 tantangan yang harus diikuti anak-anak di #TolakAnginAnakPetualanganCeria. 8 tantangan yang sangat menarik, mengajak anak berpikir sekaligus bermain sambil banyak bergerak. Anak-anak diajarkan untuk bisa akrab dalam satu kelompok baru, tidak boleh takut kotor, bahkan harus bisa belajar menganalisa. Semua misi bisa dilakukan ketika anak-anak melakukan itu secara bersama-sama, baik dengan teman satu tim maupun dengan orangtuanya. 




Usai tantangan, di mana anak-anak pada akhirnya bisa membawa pulang masing-masing dua ekor lebah mainan sebagai tanda misi selesai, kami diajak duduk istirahat di lokasi yang sudah disediakan. Ada talkshow ringan dengan beberapa orang narasumber yang membahas soal kesehatan dan pola asuh anak. 


Ah, hampir lupa. Di sela menyelesaikan misi, anak-anak diberi Tolak Angin Anak dulu agar tidak mudah masuk angin. Bermain seharian tentu saja bikin tubuh gampang drop dan mudah terserang masuk angin. 


Setelah talkshow ada makan siang yang kemudian diisi dengan kuis yang hadiahnya cukup banyak. Anak gue salah satu yang beruntung mendapat hadiah karena mamanya masuk dalam apresiasi bagi orangtua yang duluan posting di medsos. Rezeki emang nggak ke mana.

Anak gue pulang dengan wajah semringah. Dia bahagia karena berhasil menyelesaikan misi. Bahagia karena banyak bergerak dan bawa pulang hadiah dan goodie bag


Sebelum kami naik kereta untuk kembali pulang ke rumah, dia berbisik. "Ma, kalau ada #TolakAnginAnakPetualanganCeria lagi, aku diajak lagi, ya."






3 comments:

  1. Aku pun selalu sedia tolak angin anak kalau ajak anak pergi agak jauh dan lama. Acaranya seru banget ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Bawa hadiah apaaa itu kemarennnn mupeng

    Tapi anak2 seneng ❤❤❤

    ReplyDelete
  3. Rajin banget mbak datangnya, pagi bener makanya ngeborong banyak hadiah ya hehe. Acaranya mengena banget dan pas tuh untuk ibu dan anak yang selalu perlu dekat dan lebih dekat lagi, jadi bisa main bareng sama alam deh. Dan selamat sumringah ya atas banyak hadiahnya dari Tolak Angin Anak xixi

    ReplyDelete