Sunday, April 30, 2017

Nasib si Donal Bebek, BTS, dan Tangis Semalam

Hari Sabtu kemarin gue mengukuhkan diri sebagai seorang introvert sejati. Ngurung diri di kamar dengan lampu dimatiin seharian. Mata bengkak karena nangis berjam-jam. Dan sama sekali gak ingin berinteraksi dengan siapapun. I've become more antisocial than ever.

Karena kemarin gue benar-benar berduka. My heart just dropped instantly saat tahu kalo harapan gue pupus untuk ketemu secara langsung dengan Kpop grup yang udah 2 tahun ini jadi satu dari dua Kpop grup yang gue suka.

Pasti ada yang akan langsung berkomentar, "halah, lebay banget sih, lo. Gak bisa nonton konser aja sampe segitunya" pas baca alasannya.

Iya gue lebay. Gue lebay karena jatuh cinta sama Namjoon, Suga, Hobie, V, Kookie, Jin, dan Jimin. Gue lebay karena dulu suka underestimate sama Kpop, yang saat itu ngebatin "ogah banget suka sama cowok-cowok cantik ini." Gue lebay karena kemakan omongan sendiri dan akhirnya terjebak dalam fandom bernama ARMY dan naksir berat sama leader Big Bang (which is my ultimate bias). Gue lebay karena kemarin harusnya jadi konser Kpop pertama gue tapi malah gak bisa nonton. Iya, gue lebay banget.

Buat sebagian orang pasti gak ngerti kenapa gue mesti selebay itu. Sama, gue dulu juga pernah dalam posisi menghakimi seperti itu. Dulu gue suka bingung, kenapa seseorang bisa ngefans sama idola sampe segitunya. Dulu gue selalu percaya, gak ada manusia yang bakal gue idolain selagi masih sama-sama makan nasi juga sama kayak gue.

Sampai kira-kira di tahun 2015, gue terjebak dalam pesona G-Dragon. Dari situ gue mulai menaruh perhatian khusus buat Kpop. Lalu secara gak sengaja juga gue ngedengar lagu comeback Fire dari Bangtan. Suara husky Rap Monster langsung bikin gue terhipnotis dengan grup ini. Ke mana aja gue selama ini sampe baru sekarang suka sama mereka? Padahal saat MAMA 2014 gue nonton performa mereka bareng Block B. Gue sampe nyari berbagai fancam dan reaksi hanya pada bagian dance Jimin dan Jhope aja. Bagian Jhope ngejatuhin punggung ke lantai dan Jimin ngerobek kaos kutangnya was fucking epic! 

Sejak itu, kuota gue habis cuma buat nonton reality showfancam, MV, dan apa aja yang berhubungan dengan BTS. Suka berubah jadi cinta. Cinta yang mungkin bagi orang lain dianggap cinta gila.

Cinta, tuh, sama keluarga bukan sama Kpop grup. Tenang, ini cinta yang gak merugikan keluarga, kok. Gue tetap bisa melayani suami tanpa mikirin salah satu anggota Bangtan atau bahkan GD sebagai selingkuhan. Gue juga tetap mengurus kedua anak gue dengan baik. Cinta yang murni hanya agape, bukan eros.

Saking sukanya gue sama mereka, isi twit gue berubah total. Awal main Twitter gue dicitrakan sebagai mamak-mamak 'mesum' yang seneng menulis. Sebenarnya gak ada niat untuk mencitrakan diri seperti itu. Karena kebanyakan saat ngetwit yang sedikit vulgar saat itu gue mungkin lagi netein anak, atau lagi ongkang kaki setelah selesai nyuci, bahkan mungkin lagi ngupil. Sebagian besar juga isi twit gue random. Laun setelah jatuh ke dunia kekoriya-koriyaan, isi twit gue lebih banyak soal Kpop dan Kdrama. Cover foto dan isi profile juga ikut berubah. Gue juga follow sesama ARMY-deul demi keupdate-an info soal perbangtanan dan demi memperluas pertemanan sesama fandom. Sampe banyak teman dan follower lama protes. Maaf, karena cinta harus totalitas.

Makanya gue selalu berdoa dan berharap kalo suatu waktu nanti gue bisa nonton mereka secara langsung. Suka iri saat melihat beberapa teman yang gue follow sudah menunaikan ibadah Bangtan langsung di Korea. Bahkan ada yang sampe ngejar sampe ke negara Asia lainnya saat Indonesia gak masuk jadwal konser BTS tahun lalu.

Yamaap, gue fans kere sih. Cuma modal kuota dan twit doang. Makanya belum bisa total buat ngejar sampe ke negeri gingseng atau ke negeri lain. Duit yang ada baru bisa dipake buat urusan rumah tangga dan keperluan anak. Buat bayar tagihan ini itu agar bisa bertahan hidup. Kalo duit gue gak ada habisnya, sampe di jadwal konser mereka di ujung dunia manapun pasti gue kejar. Mereka konser di dasar bumi atau di gua penguin di Kutub juga pasti gue jabanin.

Gue sebenarnya udah tahu sejak tahun lalu kalo Indonesia bakal masuk dalam jadwal konser WINGS. Gue tahu. Gue makanya berdoa kenceng biar bisa nonton. Apalah, doa gue gak terjawab. Keperluan keluarga harus jadi hal utama. Gak mungkin kan gue pake budget yang disimpan untuk Bangtan tapi abai saat tahu kalo dana buat anak masuk sekolah masih kurang.

Akhirnya gue berusaha buat nyari giveaway di mana aja yang menyediakan tiket gratis. Gue gak mandang mo dapet di stage mana. Asal bisa nonton aja. Tapi gue emang nasib Donal Bebek banget kalo soal kuis atau giveaway. Gak pernah gue seberuntung Untung Bebek. Selalu gagal dan gagal. Tapi gue tetap aja berusaha ikut selagi masih ada kesempatan.

Dan kesempatan gue berakhir kemarin pagi, saat pengumuman giveaway terakhir yang gue ikutin ternyata juga gagal. Padahal malam sebelumnya gue udah berdoa kenceng. Gue nangis dalam doa saat anak-anak gue udah tidur. Gue nangis karena gue BENAR-BENAR sangat ingin ketemu Bangtan.

Sabtu kemarin gue bener-bener kehilangan semangat. Gue hanya memandang postingan teman-teman gue yang udah di lokasi dalam muram. Walau baca juga kalo banyak drama selama di lokasi, hati gue tetap sakit.

Hari ini gue masih berduka. Gue masih nangis tiap liat foto-foto post concert. Apalagi saat nonton fancam. Hati gue perih. Sebegini susahnya buat gue hanya untuk bertemu Bangtan untuk pertama kalinya. Bagi orang lain semua kayaknya begitu mudahnya. Rezeki ngalir kayak air sampe ada yang bisa nonton berulang-ulang sampe ke negara lain. Semesta seolah sangat baik bagi mereka, ke gue mah boro-boro. Default hidup gue itu cuma berisi kegagalan.

Duh, Bangtan. Andai kalian tahu ada salah satu fans kalian yang semenderita gue karena gak bisa nonton. Andai kalian tahu ada mamak-mamak kepala 3 yang cinta sekali sama kalian padahal sering diomongin lebay karena gak ingat sama umur dan keadaan. Andai kalian tahu kalo mamak-mamak ini juga sudah menularkan virus Bangtan ke anak-anaknya. Andai kalian tahu, kalo mamak-mamak ini patah hati sepatah-patahnya karena gak bisa ngeliat kalian kemarin.

Tapi semoga kalo masih ada umur dan semesta khilaf dan tiba-tiba baik sama mamak ini, semoga suatu saat nanti mamak ini bisa ketemu dengan kalian secara langsung dan merasakan euforia yang sama seperti para ARMY-deul yang kemarin juga mungkin menjadi kali pertama ketemu kalian.

Semoga...

credit: @lanafad

No comments:

Post a Comment