Sunday, April 8, 2018

Apa Yang Tubuh Saya Butuhkan Selama Ngegym

"Being healthy and fit isn't a fad or trend, instead it's a lifestyle."

Sudah 3 bulan ini gue menerapkan pola hidup sehat. Alasan pertama karena tahun kemarin gue dua kali kena tifoid, kedua demi body goals. Huum, agak receh sih alasan keduanya. But hey, itu justru dorongan terkuat sampai gue mau berolahraga dan jaga pola makan.

Flashback ke belakang sebenarnya gue sudah menerapkan pola hidup sehat sejak anak kedua lahir di 2011. Gue dulu rutin Food Combining dan emang berasa efeknya ke tubuh. 

Tapi mengatur pola makan saja tidak cukup. 2016 akhir gue mulai rutin ngegym. Tapi karena drop kena tifoid sampai 2x akhirnya rutinitas ngegym selama 5 bulan terhenti. Dan mendadak pola makan gue berubah jadi eating disorder. I eat anything without a doubt. The result, badan gue jadi membengkak. 

Sempat syok, karena perubahannya drastis sekali. Bulan Juni berat badan masih kisaran 50-an kilo, di Agustus naik jadi 60-an kilo. Daebak! 

Akhirnya sejak akhir 2017 kembali menyatukan niat. Harus kembali ke gym dan atur lagi pola makannya. Kan malu banyak baju sudah mulai sesak. Apalagi saat duduk eh ketahan perutnya karena buncit banget kayak hamil 6 bulan. 

Sekarang di bulan April ini, kurang lebih sudah 4 bulan rutin ngegym. Trus makanannya juga dijaga dengan makin perbanyak sayuran dan protein. Karena gue berniat bentuk body, pola makan food combining sedikit harus melenceng. Gue juga butuh nasi sebagai karbo biar otot di beberapa bagian tubuh bisa terbentuk. 


Selain harus rutin asup karbo, sayuran, buah, dan protein, susu juga penting. Apalagi susu segar.

Kenapa harus minum susu segar? 

  1. Membentuk Otot

Kalau buat gue untuk membantu pembentukan otot. Protein dalam susu segar cukup tinggi dan cocok diminum jika ingin membentuk otot. Juga meningkatkan berat badan secara alami kalau niat ingin membesarkan badan. 

  1. Nutrisi Tinggi

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam susu segar adalah protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, riboflavin, dan niacin.

  1. Menghaluskan Kulit

Buat mba-mba, buibuk, tante-tante yang ingin mendapatkan kulit halus secara alami, coba konsumsi susu segar setiap hari. Kesehatan dan kecantikan kulit akan diperoleh secara alami dari dalam.

  1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi susu segar bisa menjadi obat pencahar alami yang tokcer buat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit atau susah buang air besar.

Nah, pemilihan susu ini agak tricky. Sebagai yang doyan angkat beban dan butuh ngebentuk otot, ada susu tertentu yang perlu dikonsumsi. Tapi gue juga gak mau sembarang mengonsumsi susu tanpa kandungan yang jelas. 

Gue lebih suka memilih susu segar karena selain aman susu segar juga banyak manfaatnya. Favorit gue belakangan adalah Hometown. Sudah pernah dengar tentang susu ini belum? Kalau belum kalian harus coba. 



Hometown ini susu murni yang langsung diperah dan dipasteurisasi, tidak ada tambahan apa pun, baik pemanis ataupun pengawet, pure susu murni. Makanya rasanya tidak semanis susu kemasan, agak creamy karena memang susu murni segar. 

Kenapa memilih Hometown? Karena susu ini mampu memberikan semua manfaat yang dibutuhkan tubuh gue. Gak cuma itu, anak-anak gue suka banget. Baru dibuka eh langsung dihabisin sama mereka. 


Untuk penyimpanan Hometown ini sebaiknya disimpan dalam keadaan dingin (0-4C). Trus tanggal expired date hanya berlaku selama kemasan belum dibuka. Kalau kemasannya masih segel, bisa bertahan sekitar 7 hari di kulkas dan setelah kemasan dibuka hanya bisa bertahan selama maksimal 3 hari. Jadi, kalau sudah dibuka segera dihabiskan ya, agar kandungan nutrisi dan manfaat yang didapat bisa maksimal.

Gimana, ada yang tertarik buat ngikutin pola hidup sehat gue? 



8 comments:

  1. Salut ih rajin olah raga dan menjaga pola makan๐Ÿ˜Š kalau saya... emmmm... ๐Ÿค”

    ReplyDelete
  2. Olahraga emang cepet banget sih kalau mau nurunin berat badan, tapi asupan nutrisi dari makanan termasuk dari susu juga penting banget. Semangat ya mbak, biar cepet langsing ;)

    ReplyDelete
  3. Saya pernah nyobain ini pas jalan2 di Hero kebetulan kok ada promo. Emang enak sih susunya.

    Oya agak OOT dikit boleh? Nomer 3-nya kelewatan bun. ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  4. Tifoid itu tipes kan, ya? Kalau iya, anak saya juga udah 2x kena. Makanya sekarang makin dijaga pola makannya. Imbasnya, sekeluarga juga ikut menjaga pola makan. Dan susu ini juga jadi favorit anak saya :)

    ReplyDelete
  5. Noted, nge-gym pun harus dibatasi, jangan sampai bablas sakit. Food combining ini yang saya belum tahan mengatur pola makan.

    ReplyDelete
  6. rajin bgt olahraganya mba, jadi malu. sejak jd emak2 kayanya udah berkurang bgt waktu buat olahraga... nice info mba ^^

    ReplyDelete
  7. Mbak, rajin olahraga ya mbak, aku mah olahraga seminggu sekali, niatnya doang yg banyak.

    ReplyDelete
  8. Di rumah susus Hometown ini juga gak bertahan lama krn semua suka mengkonsumsinya.
    Jd pengen niruin nih mbak gaya hidup sehatnya :D

    ReplyDelete