Sunday, April 9, 2023

Bukber tanpa Wacana di AyoMakan Fast Feast Fest

Hal yang menarik di bulan puasa tentu saja kemunculan jajanan pasar yang hadir dengan berbagai pilihan menu. Kadang ada panganan yang munculnya hanya di bulan Ramadan saja. 

Saya sendiri sangat menyukai mencari takjil jelang berbuka. Makanan kesukaan saya es buah, gorengan atau biji salak. Biasanya saya mencari panganan ini di dekat area perumahan tempat saya tinggal. Harganya pun beragam, kebanyakan sih murah meriah. 

Hal lain yang menarik di bulan puasa adalah munculnya tempat-tempat berbuka puasa. Biasanya kan orang-orang sering menghabiskan waktu ke restoran atau mall untuk berbuka puasa bersama. Tapi kadang ada juga festival makanan yang dibuka untuk umum. Salah satunya ada AyoMakan Fast Feast Fest. 

Pertama kali saya lihat AyoMakan ini karena muncul di beranda TikTok anak saya. Dia antusias pengin cobain beberapa makanan di sana karena melihat review para pengunjung. Jadilah pada hari Kamis, 6 April 2023, saya dan anak saya pergi. Biar bisa melihat dan mencicipi langsung menu-menu makanan yang ada di sana. 

Sore itu, kami naik KRL dan turun di Stasiun Palmerah. Dilanjut naik ojol yang hanya berjarak 5 menit saja, sampailah kami di Spark. Tahu nggak? Saya baru tahu Spark itu akronim dari Senayan Park. Yalord. Ke mana aja. 

Masuk dari pintu lobby, saya mencari-cari di mana keberadaan AyoMakan Fast Feasy Fest ini. Ternyata dari pintu masuk lobby harus turun satu lantai, tinggal cari pintu keluarnya maka sampailah ke area AyoMakan. Pokoknya patokannya ada Starbucks, udah di situ deh lokasinya. 

Berada di area terbuka yang luas dan nyaman. Sebelah kanannya ada danau kecil dengan beberapa air mancur. Saat saya datang sempat melihat ada yang main kayak di tengah danau. Seru sekali. Seolah yang main nggak memusingkan keberadaan ratusan orang yang ngumpul di Spark, namaste dengan aktivitas sendiri. 

Di depan area masuk saya disambut dua laki-laki yang mengenakan kaos putih. Mereka membagikan kipas, mengingat cuaca cerah hari itu pasti agak bikin gerah. Mereka juga membagikan free takjil berupa minuman susu kedelai. Salah seorang langsung menghampiri, bertanya apakah saya sudah tahu aturan untuk masuk ke dalam. Tadinya kan saya pikir masuk ya masuk aja, kayak kita mau ke pujasera. Ternyata ada hal-hal yang harus saya ketahui terlebih dahulu. 

1. Harus daftar dulu ke situs AyoMakan

Daftar karena di AyoMakan semua serba cashless. Bisa langsung scan barcode yang tersedia di depan gerbang masuk. Pembayaran semuanya lewat e-wallet atau bank. Ini juga untuk memudahkan kita untuk mencari jenis-jenis penyedia jasa yang ikut berpartisipasi. Ada banyak sekali pilihannya. Tinggal pilih sesuai selera mau makan apa. Mulai dari makanan korea, burger, gorengan, ayam, nasi padang, sampai es. 


2. Ada voucer diskon kelipatan 25rb dan 50rb.

Voucer juga di-scan dulu, bisa pakai google lens atau scanner yang tersedia di ponsel. Untuk voucer 25rb kita akan mendapatkan saldo 50rb, untuk voucer 50rb akan mendapatkan saldo 100rb. Lumayan banget ini untuk yang datang rame-rame, bisa dipakai dan hemat banyak. Kalau nggak dibeli voucernya pun nggak masalah. Kita tetap bisa masuk dan memesan makanan dan melakukan pembayaran lewat situsnya. 


3. Cara memesan makanan

Kita pilih tenant yang kita mau, masukkan jumlah makanan, pilih opsi pick up, lakukan pembayaran, masukkan voucer yang sudah dibeli, lanjut lagi ke pembayaran, jika masih kurang ada opsi pembayaran lewat e-wallet atau bank. Kalau sudah dibayar tinggal datangi booth tenant yang dipesan. Mereka akan segera menyiapkan dan mengantarkan ke tempat kita duduk. Kalau nggak pakai voucer, tetap ada diskon untuk kelipatan nominal tertentu. Tinggal pilih aja munculnya yang mana. 

Sore itu saya memesan burger dan es pisang ijo. Ngikutin selera si anak yang ikut. Beli take away juga buat kakaknya yang lagi di rumah. Pukul 18:06 menit beduk dipukul seorang petugas tanda sudah siap berbuka. Langsung pada ramai duduk dan makan. 



Oh iya di area Ayo Makan ini ada banyak petugas berkaos merah yang bisa dimintai tolong jika kesulitan atau masih bingung dengan proses pemesanan makanan. Semuanya ramah-ramah dan sigap dalam menjelaskan. Jadi nggak bakal bingung untuk memesan. 

Di area AyoMakan ada lumayan banyak tenant yang berpartisipasi, banyak juga tempat duduk dan meja yang disediakan di beberapa titik. Di bagian tengah ada panggung. Karena saya datang hari Kamis jadi panggung itu kosong. Konon, setiap Jumat-Minggu suka diisi dengan band atau musik untuk menemani pengunjung. 

Suasana di AyoMakan menurut saya sangat nyaman dan menyenangkan. Makin sore juga makin ramai. Pilihan makanan banyak dan jelas bisa dinikmati bersama-sama keluarga atau orang terdekat. 

Kalian kalau bingung nyari opsi tempat berbuka puasa karena biasanya kan mall dan restoran biasanya suka fully booked di bulan Ramadan begini, bisa datang ke AyoMakan Fast Feast Fest, mumpung masih berlangsung. 



No comments:

Post a Comment