Saturday, March 19, 2016

Review Moorim School

Mari kita nikmati hari Minggu ini dengan ngelanjutin review drama.

Sinopsis


Adegan pada episode pertama dibuka dengan seorang laki-laki yang sedang berlari di tengah hutan sambil menggendong seorang anak kecil. Dia dikejar sekumpulan orang-orang berpakaian serba hitam. 

Di tengah pengejaran, laki-laki bernama Hwang Moo Song (Shin Hyun Joon) ini bersembunyi di atas pohon.  Tapi kelompok pengejarnya melihatnya, mereka langsung menyerangnya. Perkelahian pun terjadi. Namun karena Moo Song berkelahi sambil menggendong anak kecil, itu membuatnya tak leluasa bergerak. 

Salah satu belati mengenai tubuhnya. Walau terluka, Moo Song berhasil kabur. Setelah berlari cukup jauh, Moo Song berhenti. Tangannya memegang sebuah pohon dan mengalirkan kekuatannya. Sebuah portal terbuka. Kelompok pengejarnya hanya terdiam dan tidak lagi melakukan pengejaran.




Kisah kemudian berlanjut ke 18 tahun kemudian.

Di kamar sebuah hotel, Yoon Shi Woo ( Lee Hyun Woo) yang sedang tidur terbangun karena dering hp-nya. Tiba-tiba telinganya berdenging. Karena tak tahan,  Shi Woo meminum obatnya.


Di bandara, Wang Chi Ang  (Lee Hong Bin) anak dari Wang Ha O (Lee Beom Soo) successor dari Sang Hae Group berjalan-jalan sambil dikawal ketat sama asisten dari sang ayah. Dia diminta hadir di festival K-pop. Namun, Chi Ang kabur naik motor sport.


Shi Woo yang sedang mandi kaget karena saat keluar kamar mandi, ada laki-laki muda yang juga udah topless, siap-siap masuk ke kamar mandi. Dua-duanya langsung adu mulut, bersikeras kalo itu kamar mereka.
Shower scene ini sungguh menyejukkan mata 

duh, dek! 
Laki-laki muda itu ternyata Chi Ang. Dia asal masuk karena mikir itu hotel bokapnya, jadi dia juga berhak atas kamar VIP. Tahunya masih ada isinya.
Itu menjadi pertemuan pertama Shi Woo sama Chi Ang. Dari situ keduanya saling tidak suka.

Perhelatan festival K-pop yang disponsori perusahaan milik ayah Chi Ang dimulai. Shi Woo yang adalah leader grup besar Mobius, menjadi magnet utama di acara tersebut. Chi Ang juga hadir dengan ogah-ogahan.
Pada saat konser Mobius berlangsung, tiba-tiba telinga Shi Woo kembali berdenging. Kali ini lebih menyakitkan. Saat merasakan kesakitan, sebuah lampu panggung putus dari pegangannya. Shi Woo yang berada tepat di bawahnya tidak menyadari itu. Di saat semua berpikir lampu itu akan mengenai Shi Woo, selama beberapa menit, lampu panggung malah melayang di udara.


Hwang Seon Ah (Jeong Eu Gene) yang juga ikut menonton langsung berlari ke panggung berusaha menolong Shi Woo.
Dia lalu mengatakan pada Shi Woo kalo dia harus datang ke Moorim School agar mendapat pertolongan. Seon Ah sadar kalo Shi Woo memiliki masalah pendengaran. Setelah berkata begitu, Seon Ah langsung pergi.

Akibat kejadian di konser itu, produser Shi Woo memutuskan untuk mengeluarkan Shi Woo dari Mobius. Dia dianggap sudah tak berguna karena memiliki gangguan pendengaran. Produser Shi Woo juga menganggap Shi Woo terlalu arogan. Untuk membalas sikap Shi Woo produsernya menjebak Shi Woo dengan sebuah skandal. Di tengah skandal,  dia bertemu dengan Sim Soon Dok yang kebetulan sedang pulang mengantarkan pesanan makanan dari tempat kerjanya.


Di sisi lain, Chi Ang, dipaksa ayahnya untuk masuk ke Moorim School.  Para pengawal sudah bersiap membawanya pergi, namun di jalan, Chi Ang berhasil mengelabui mereka dan terjun ke laut. Ketika Chi Ang berpikir kalo dia akan mati, Sim Soon Dok (Seo Ye Ji) malah menyelamatkannya. Chi Ang dibawa pulang ke rumahnya. Di sana, para pengawal sang ayah,  dan bahkan sang ibu datang ke rumah Soon Dok.



Chi Ang yang tadinya menolak masuk ke Moorim School akhirnya memutuskan untuk pergi ke sekolah tersebut. Itu karena dia tahu Soon Dok yang menolongnya (yang dipanggilnya dengan sebutan Ariel) juga bersekolah di sana.

Soon Dok akhirnya mengajak Chi Ang berjalan ke sekolah bersama. Mereka memasuki sebuah hutan. Shi Woo yang penasaran dengan perkataan Seon Ah, memutuskan pergi ke kaki gunung Moorim. Di hutan itu, mereka bertiga bertemu. Shi Woo menyalahkan Soon Dok karena sudah membuat dirinya menjadi orang yang paling dibenci di Korea. Padahal itu jebakan sang produser. Shi Woo meminta Soon Dok untuk mengklarifikasi perbuatannya ke media. Bahwa semua adalah salah paham. Chi Ang yang merasa Shi Woo mengganggu Soon Dok, langsung menyerang. Keduanya terguling jatuh. Dan saat baru akan saling melepas pukulan, tiba-tiba saja pemandangan di depan mereka berubah. Yang tadinya hanya pepohonan saja, berubah menjadi sebuah sekolah. Seolah ada selubung yang menyamarkan sekolah tersebut. Dan selubung itu terbuka saat Shi Woo dan Chi Ang berada di depannya.


Soon Dok langsung memperkenalkan Shi Woo dan Chi Ang pada semua teman-teman dan guru-guru sekolah yang keluar semua, karena kaget dengan selubung yang terbuka tiba-tiba.


Bahkan sang kepala sekolah, Hwang Moo Song, juga ikut muncul menyambut kedatangan kedua murid baru tersebut.


Mereka bertanya-tanya siapa kira-kira yang memiliki kekuatan untuk membuka selubung yang tersegel tersebut?

Review
Ok, gue cuma ngasih sinopsis episode awal aja.
Dari sinopsisnya keliatan kayak cerita yang menjanjikan, ya? Kayak cerita-cerita fantasi yang suka menyuguhkan kisah yang luar biasa.

Sayangnya, drama ini cuma menarik di episode awal aja. Sisanya, banyak plot hole. Terus terang gue rada ogah-ogahan nonton karena ngarep drama ini bisa keren banget gitu.

Ya iyalah, ya, di awal udah disuguhin adanya persembunyian misterius gitu. Gue pikir ceritanya bakal epik. Bakal digarap secara besar-besaran. Karena saat tahu ada sekolah rahasia, ekspektasi gue kayak Hogwarts. Dengan gedung sekolah yang megah, murid yang berlimpah, dan pelajaran-pelajaran fantastis tentang sihir dan makhluk-makhluk aneh.

Trus bertanya-tanya, siapa anak kecil yang dibawa Moo Song yang ternyata kepsek Moorim School? Kenapa juga telinga Shi Woo suka sakit? Trus kenapa Chi Ang disuruh bokapnya masuk Moorim School? Tadinya gue excited banget sama semua ini. 

Tapi... Moorim School: Saga of the Brave jauh dari semua ekpektasi itu. Sekolah yang di-shoot dari jauh keliatan luas,  tapi aslinya cuma ada ruangan kepsek, mess murid yang cuma seupil, ruang latihan sama pertapaan. Oh, plus halaman yang tak seberapa. Udah itu aja.

Murid-muridnya juga bisa dihitung jari. Padahal katanya muridnya datang dari berbagai negara. Gurunya aja cuma empat biji, ditambah satu sebagai penjaga sekolah. Sama kepsek, ya, enam doang. Bah...

I mean, ini katanya sekolah misterius, yang berasal dari Moorim Institute yang menjaga sebuah kunci berkekuatan besar. Lah piye isinya seuprit?

Yang membingungkan, masa pas Chi Ang sama Shi Woo muncul, trus bilangnya segel kebuka. Nah itu, si Soon Dok sama Seon Ah suka keluar diam-diam kelar jam sekolah, gimana ceritanya bisa buka segel kalo yang nyegel si kepsek?

Trus materi di dalam sekolahnya juga agak-agak nganu; ilmu bela diri, pertapaan, sama





....memasak.


WTF?!

Ilmu bela diri sama pertapaan, okelah, masih bisa berhubungan. Karena belajar bela diri gak semata fisik, juga butuh rohani yang sehat biar ilmunya gak buat main gebuk sembarangan.

Tapi memasak... why oh why? Korelasinya di mana?

Gue cukup suka dengan adegan bromance yang mencoba menyatukan Shi Woo sama Chi Ang saat keduanya diberi tugas ke puncak gunung Moorim. Tapi abis itu ceritanya kayak rollercoaster, naik turun gak keruan trus akhirnya keluar jalur.

Trus masalah romansa di drama ini. Gue bisa maklum deh kalo pemerannya masih pada rookie. Makanya bisa maklum kalo chemistry antara Shi Woo yang akhirnya jadian sama Soon Dok gak sampe ke penonton. Mungkin mereka bisa belajar ke sunbae-nim mereka yang lain, kayak Song Joong Ki sama ahjumma Song Hye Kyo di DotS misalnya. #teteupSJK #wakwaw 

Gue bertahan sama drama ini karena ngarep sesuatu yang "wah." Ternyata enggak, dong. Yang bikin betah cuma karena pemeran Shi Woo sama Chi Ang yang sedap dipandang mata.
Lee Hyun Woo dengan rambut grey, ngingetin gue ke G-Dragon di lagu Crayon.

Hong Bin, member VIXX

Oh iya, ini jadi drama pertama Lee Hong Bin, dese aslinya member grup Vixx yang juga pengisi soundtrack di Moorim School ini. Akting Hong Bin masih kaku banget. Tapi seiring serial ini, dia mulai sedikit berkembang.

Kalo masalah ost, Moorim School ini juwarak. Lagu pembukanya yang upbeat berjudul Alive jadi salah satu ost yang paling keren menurut gue selama nonton drama. Gue sampe donlod ini lagu buat jadi teman jogging. 

I score 2 out of 5 stars.





1 comment:

  1. Fisik dan rohani yg sehat berawal dari makan makanan yg sehat. Makanya ada pelajaran memasak. Karena #youarewhatyoueat# masaksendirimakananmu#analisaNgasal# 😂

    ReplyDelete