Thursday, May 16, 2019

Aneka Resep Sarapan Praktis dengan Selai Kacang


Biasanya gue selalu sarapan buah sampai jelang makan siang. Kebiasaan sarapan buah ini sudah gue praktikkan sejak tahun 2012. Perut lebih ringan dan nggak begah ketika sarapan buah. Tapi berhubung jam ngegym biasanya selalu pagi, jadinya asupan dari buah tidak cukup menjadi pre-workout meal. Alternatif sarapan akhirnya berubah haluan. Gue butuh makro nutrisi untuk memulai hari sebelum ke gym. Ada sih yang memilih tidak sarapan sebelum ngegym sementara gue nggak bisa. Harus sarapan dulu. Ini buat nambah energi karena gue selalu angkat beban.

Hasil browsing dan lirik-lirik resep dari para fitness babe di Instagram, akhirnya gue bisa bikin variasi sarapan yang beda-beda tiap hari sekaligus menjadi pre-workout meal gue.

Dalam pengaplikasian sarapan, gue selalu menaruh selai kacang 1-2 sendok.



Biar apa?

Ya biar enak.

Etapi, selai kacangnya bikin sendiri bukan yang dijual di supermarket.

Kenapa?

Karena kacang tanah ini sehat asal tidak ada tambahan seperti gula, garam, minyak sayur atau lemak trans seperti produk olahan selai kacang pada umumnya.

Jangan gampang percaya kalau kacang tanah bisa memicu penyakit ini lah itu lah. Semua tergantung dari cara mengolah makanan tersebut. Kalau kacang tanahnya digoreng pakai minyak yang banyak tentu saja menjadi tidak sehat. Gue selalu membeli kacang kupas lalu gue sangrai di wajan kemudian baru gue blender sampai menjadi selai kacang.

Nah, ada 3 resep favorit gue untuk sarapan atau sebagai pre-workout meal:

1. Pancake Oat Pisang dan Apel


Pancake oat ini bahannya mudah dan lebih sehat; 3 scoop instan oat, setengah botol susu kedelai ikutan kecil, 1 butir telur, dan 2 scoop tepung pisang. Blender semua bahan lalu masak.
Setelah selesai tambahkan potongan buah pisang,apel dan selai kacang.

2. Yoghurt Buah


2 sendok plain yoghurt, potongan buah naga, strawberry, blueberry dan selai kacang.

3. Roti Gandum Buah


Panggang roti gandum, olesi selai kacang, tambahkan potongan pisang dan blueberry.

Semua makanan di atas praktis dan mudah. Rata-rata berkisar 400-500 kalori dan kenyang tahan lama. Rasanya? Ya nggak usah ditanya, enak banget. Kata siapa kalau yang demen ngegym dan diet makanannya harus tidak enak.        

No comments:

Post a Comment