Saturday, November 16, 2019

Generasi Millenial sebagai Generasi #BisaBanget


Banyak yang mungkin masih salah kaprah soal penamaan antar generasi. Anak-anak muda umur 20-an sekarang dianggap semuanya adalah generasi millenial, sementara saya yang umurnya sudah pertengahan 30 tahun ini sebenarnya masih termasuk ke dalam generasi tersebut. Pembagian generasi ini menurut salah satu research center; kelahiran 1981-1996 adalah generasi millenial.

source: www.pewresearch.org

Beberapa waktu lalu di media sosial sempat heboh pertikaian antar generasi, ketika salah satu jurnalis koran New York Times menyebut “OK Boomer” sebagai bentuk pendapat terhadap generasi kelahiran 1946-1964 yang memiliki pemikiran closed-minded terhadap generasi Z.

Bentuk glorifikasi antar generasi ini sebenarnya meluas di berbagai media sosial. Setiap generasi merasa superior dibanding generasi sebelum atau sesudahnya. Padahal semua generasi punya masanya masing-masing dan saling memengaruhi juga satu sama yang lain. Generasi millenial tidak akan ada kalau bukan karena generasi boomer atau generasi X. Begitu pun generasi selanjutnya.

Berbicara tentang generasi millenial yang adalah generasi muda sekarang ini pada usia produktifnya. Generasi ini adalah simbol dari mimpi tanpa batas. Di mana segala hal yang mungkin tidak terpikir akan menjadi pekerjaan di masa lampau, di generasi ini bermunculan profesi baru seperti vloggers, content creator, influencer, sampai ilustrator digital. Masa di mana, semua hal itu mampu menghasilkan benefit yang besar dan berperan penting seiring perkembangan dunia digital. Dulu pasti nggak bakal kepikiran kalau bikin gambar-gambar nyeleneh dikasih kepsyen nyeleneh bakal dapat duit kan? Atau ngebacot nggak jelas secara konsisten di media sosial eh bisa berdampak ke orang banyak trus diincar brand. Sekarang hal-hal kayak gitu udah umum bahkan jadi pekerjaan tetap. 

Wajar sih. Semua emang dimulai dari mimpi tanpa batas. Karena generasi millenial punya banyak mimpi, bebas berekspresi, dan berkreasi tanpa batas. Bear Brand menangkap semua itu sebagai generasi #BisaBanget. #BisaBanget adalah simbol yang mewakili semangat dan kreativitas anak muda saat ini. Mereka yang punya banyak mimpi dan berkreasi tanpa batasan.


Menurut William Utomo, salah satu enterpreneur millenial Indonesia, fenomena generasi millenial saat ini adalah generasi yang optimis dalam berkarya sepenuh hati. Mereka berkarya all out dan bekerja mengejar purpose. Menurut William juga, tidak benar jika generasi millenial disebut sebagai generasi yang gampang bosan. Asal mereka disediakan dengan purpose, apa yang harus mereka kejar, maka stereotype tersebut tidak ada.

Lain lagi menurut Ahmad Afid, Marketing Manager Ready to Drink Dairy Nestle Indonesia. Menurutnya walau generasi millenial agak-agak border ke generasi Z tapi generasi ini mampu untuk achieve something from something in the past, always positive and challenging. Generasi yang mampu melakukan semua walau punya temptation ke arah yang negatif.

Ada kata-kata dari Alamanda Shantika, Founder dan Presdir Binar Academy, yang agak menohok saya ketika dia berbicara tentang mimpi. Ada tiga hal yang dia bagi, yaitu;

-          Knowing your purpose
-          Knowing yourself first
-          Learn – Unlearn – Do it

Bagian Learn- Unlearn – Do it menurut saya ngena banget. Learn itu belajar terus selagi kita bisa. Unlearn adalah mengosongkan kembali ketika diri kita sudah penuh. Lalu Do it adalah lakukan yang mau kita gapai. Yang saya mau garis bawahi adalah bagian Unlearn, di mana sebagian besar umat manusia selalu menganggap diri superior dan mahatahu ketika tahu beberapa hal saja. Saya sering merasa seperti itu sih ketika saya belajar dan memperoleh pengetahuan baru. Padahal semakin kita belajar semakin kita menjadi bodoh.

dok: press conference playspace 

Tanggal 14 November kemarin, Bear Brand yang terkenal dengan Susu Cap Beruang memperkenalkan kampanye Generasi #BisaBanget untuk mendukung anak muda Indonesia dalam meraih mimpi dan harapan mereka. Nestle Bear Brand menghadirkan Generasi #BisaBanget Playspace yang terbagi atas dua bagian utama:

-          #BisaBanget Inspiration Rooms adalah kolaborasi antara Bear Brand dengan Haluu: terdiri dari 7 ruangan berbeda yang instagramable yang mengekpresikan Generasi #BisaBanget menggapai mimpi.

-          #BisaBanget Inspiration Classes menghadirkan berbagai sesi talkshow yang akan diisi oleh banyak anak muda inspiratif seperti; Nadia Soekarno, Jeje Soekarno, Intan Anggita, Aqsa Aswar, dan banyak lagi.

Pengalaman yang didapat ketika masuk ke dalam #BisaBanget Inspiration Rooms adalah manifestasi Bear Brand dalam kehidupan sehari-hari. Saya tentu saja sudah lebih dulu masuk ke dalam ruangan-ruangan tersebut. Rasanya kayak memiliki banyak kepribadian dengan berbagai mimpi.



Kalau kalian penasaran dengan #BisaBanget Playspace, datang saja ke Senayan City Mall, dibuka untuk umum sejak 15-24 November 2019. Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan experience berbeda di sana.   



  




     

No comments:

Post a Comment