Friday, November 8, 2019

Kenali Gejala Parkinson dari Awal


Dari beberapa gejala di bawah ini, mana yang tiba-tiba muncul di diri kalian?

-          Tremor
-          Kekakuan sendi
-          Kelambanan
-          Artikulasi menjadi tidak jelas
-          Gampang mengantuk

source image: ifi.or.id
Itu bisa saja bukan gejala biasa yang muncul mendadak ya, gaes. Coba deh langsung diperiksakan, kali aja itu parkinson. Eh seriusan deh, penyakit degeneratif ini nggak bisa dianggap enteng. Muhammad Ali terkena penyakit ini di usia 42 tahun. Ini hitungannya masih muda loh. Masih masa-masa produktif sekali. Penyebab utamanya karena otaknya mengalami cedera akibat olahraga yang dia tekuni.

Banyak yang selalu mengira terkena penyakit itu nanti ketika sudah tua, masih muda mah masih bisa bebas melakukan sepuasnya, tapi lupa kalau gaya hidup terlalu berantakan. Sekarang justru penyakit degeneratif banyak terkena pada mereka yang berada di usia produktif atau masih muda. Parkinson saja sekarang sudah banyak menyerang mereka yang berada di usia 30-an. Aduh, saya bisa termasuk dong.

Kemarin saat saya memposting tentang parkinson ternyata banyak yang nggak tahu soal penyakit ini. Parkinson adalah gangguan susunan saraf. Penyakit ini terjadi karena kekurangan zat dopamin. Dopamin itu penting untuk mengantar sinyal berupa impuls listrik di sepanjang jalur saraf motorik yang tujuannya untuk menggerakkan otot-otot tubuh. Makanya kalau sudah mulai merasa tubuh rada kaku atau mulai tremor tanpa sebab, bisa jadi ini adalah gejala awal parkinson.

Penyebabnya juga bisa karena disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari gaya hidup yang suka merokok, minum alkohol sampai makan makanan yang tidak sehat. Penyebab lain adalah faktor genetik, lingkungan, atau karena penuaan. Karena semakin berumur jumlah dopamin dalam tubuh ikut berkurang.  

Tahun 2015 penderita penyakit ini sekitar 6 juta orang. Diperkirakan di tahun 2040 bakal melonjak mencapai 17 juta. That’s a lot of number. Hingga saat ini sebenarnya penyakit ini belum bisa disembuhkan, tetapi gejalanya bisa disembuhkan dengan pemberian obat yang tepat; baik obat oral mau pun obat infus,  berolahraga, fisioterapi, sampai operasi. Tergantung dari seberapa berat kondisi pasien.  

Kalau masih bingung soal penyakit parkinson ini mungkin bisa menonton film inspirasional Ride with Larry. Film dokumenter ini bercerita tentang Larry Smith yang terkena parkinson selama 20 tahun. Dia harus menggunakan obat-obatan dan operasi otak untuk menangani kondisinya agar bisa tetap hidup. Di film ini diceritakan kalau Larry menantang dirinya sendiri untuk ikut lomba sepeda sejauh 300 mil di Dakota Selatan.  

Lalu bagaimana kalau tiba-tiba sudah merasa ada gejala parkinson tapi bingung di mana kira-kira rumah sakit yang bisa menerima pasien parkinson. Jangan kuatir, datang saja ke RS Premier Jatinegara yang baru saja membuka klinik untuk parkinson. Klinik ini khusus didirikan untuk menangani pasien parkinson dan gangguan gerak.


Rumah sakit yang didirikan di tahun 2010 ini merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka yang memiliki keunggulan termasuk komitmen untuk memberikan kualitas pelayanan medis yang baik. Rumah sakit tipe B ini beroperasional 24/7 yang melayani pasien dengan BPJS atau asuransi. Soal mutu, akses, kelengkapan spesialistik, sampai alat penunjang medis tidak usah diragukan lagi.

Kemarin ketika saya diundang menghadiri seminar Mengenal Parkinson di RS Premier Jatinegara, dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S yang menjadi narasumbernya bercerita banyak tentang penyakit parkinson. Dokter spesialis saraf di RS Premier Jatinegara ini juga menjelaskan kalau penyakit ini muncul bertahap. 10 atau 20 tahun sebelum seseorang didiagnosis menderita parkinson, gejala-gejala motorik atau pun non motorik yang muncul sudah bisa terlihat.


Kadang kita suka mengabaikan padahal penyakit itu bisa langsung diobati sebelum bertambah parah. Karena sekali terkena parkinson, maka seseorang itu akan hidup seumur hidup dengan penyakit tersebut.

Nah, kalau kalian atau anggota keluarga sudah merasakan muncul gejala, sebaiknya segera diperiksakan. Datang saja ke RS Premier Jatinegara, ada dr. Sukono yang siap membantu selain dokter lainnya yang juga sudah ahli di bidangnya.  


No comments:

Post a Comment