Wednesday, July 24, 2019

Astra Financial dan Segala Keunggulannya di GIIAS 2019



Pertama kalinya saya ke GIIAS itu tahun 2016. Senang karena event-nya dilaksanakan di ICE BSD yang hanya selemparan jaraknya dari rumah. Waktu datang ke sana saya hanya bisa melongo melihat jejeran mobil-mobil baru yang rasanya nggak ada yang jelek. Bagus semua. Ingin rasanya menjadi sekaya Om Hotman Paris dengan kekayaan “di atas langit masih ada Hotman Paris” sayangnya saya misqueen.

Tahun ini saya kembali berkesempatan hadir lagi di GIIAS 2019. Sejak launching di ICE  BSD tahun 2015, artinya ini sudah menjadi pergelaran rutin tahun keempat.


Di tahun 2018 kemarin, salah satu sponsor adalah Astra Financial. Di tahun 2019 ini, Astra Financial kembali menjadi platinum sponsor atau sponsor utama untuk pergelaran otomotif bergengsi ini. Tujuannya utama adalah untuk memajukan industrif otomotif nasional, terlebih yang berkaitan dengan layanan keuangan.

Ya kan percuma punya kendaraan, mau roda dua atau empat tapi nggak ada asuransinya.

Hari pertama pembukaan GIIAS 2019 tanggal 18 Juli kemarin sekaligus diresmikan juga booth Astra Financial yang berada di Hall 2 ICE. Undangan yang hadir selain jajaran manajemen dari Astra Financial, hadir juga Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. Selain itu, ada enam Presdir Lembaga Jasa Keuangan yang turut berpartisipasi dalam acara pembukaan tersebut.

Mbak Dian Sastro sebagai MC

Kalau itu aja sudah bikin kagum, yang datang di hari pertama juga ada Wakil Presiden RI kita, Bapak Jusuf Kalla bersama jajaran menteri, lembaga tinggi setingkat menteri, para duta besar, sampai kalangan industri otomotif nasional. Sayangnya saya hanya sempat melihat mobil RI2 saja bukan orangnya langsung. Pantes saat saya tiba ada beberapa mobil gegana juga yang disiagakan.

Kalau berbicara tentang Astra yang lebih dulu saya ingat itu tentu saja salah satu produknya, yaitu Toyota. Padahal ya, PT Astra International Tbk memiliki tujuh lini bisnis; selain Otomotif, ada Jasa Keuangan (Astra Financial), Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi dan Energi, Agrobisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan juga Properti

Lini dari Jasa Keuangan dari Astra atau Astra Financial memiliki beragam lembaga jasa keuangan di berbagai bidang. Misalnya: Pembiayaan Otomotif, Pembiayaan Alat Berat, Perbankan, Asuransi Umum, Asuransi Jiwa, Modal Ventura, Dana Pensiun, dan Teknologi Keuangan. Dengan banyaknya ragam pilihan asuransi yang ditawarkan tersebut, kita tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Astra Financial sendiri terdiri dari 11 lembaga jasa keuangan, tapi yang ikut berpartisipasi di acara GIIAS hanya 6 saja, yaitu: Astra Credit Companies (ACC), Permata Bank, FIF Group, Astra Life, Toyota Astra Financial Services (TAF), dan Asuransi Astra.

Di GIIAS 2019, ada begitu banyak program yang ditawarkan kepada pengunjung yang datang. TAF dan ACC saja menghadirkan program bunga spesial mulai dari 0% sampai hadiah langsung ketika pengunjung mengisi formulir syarat pengajuan kredit kendaraan saat itu juga. Hadiahnya bukan hanya sekadar souvenir yang dibawa pulang, dipajang trus dilupakan. Tapi yang nikin mupeng macam iPhone XS atau Apple Watch. Dengan syarat, pengajuannya sudah disetujui.

Sementara untuk pembiayaan sepeda motor, FIFGROUP juga menghadirkan program 0% juga. Bukan hanya itu, DP kendaraan bermotor mulai dari 20%, serta hemat angsuran kendaraan bisa sampai Rp3.5 juta. Aduh, siapa yang nggak mau cobak.

Dulu saya ingat sekali ketika pertama kali suami membeli motor kami menggunakan jasa FIFGROUP untuk membayar angsuran bulanan. Pembayaran cicilan sangat terjangkau, bahkan ketika kami berniat melunasi malah jadi hemat sekali karena ada potongan harga spesial kala itu.

Dari Asuransi Astra sendiri tersedia secara cuma-cuma gift set untuk pembeli asuransi Garda Oto.

Di Astra Life bahkan ada cashback program untuk pembelian asuransi jiwa individu selama GIIAS berlangsung. Ada beberapa teman saya yang langsung mendaftar saat itu. Premi mulai dari Rp350.000/bulan, tapi karena mereka mendaftar langsung di selama GIIAS, cukup membayar hanya Rp750.000/3 bulan. Jauh lebih hemat. Soal proteksi hidup memang nggak boleh ditawar-tawar sik, tinggal pintar-pintar kita aja mau megambil yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada juga teman yang membuka rekening Permata Me di Permata Bank dengan setoran Rp0 dan hanya menerima nomor rekening saja. Sedangkan bagi yang membuka Permata Tabungan Bebas atau Kartu Kredit Astra World Permata Card selama GIIAS berlangsung akan mendapat cashback 10% setiap hari di seluruh SPBU.

Kalau kalian berkunjung ke GIIAS yang akan berlangsung kurun 18-28 Juli 2019, ada 6 booth Astra di seluruh area pameran yang bisa kalian datangi. Booth utama Astra Financial terletak di Hall 2, booth ACC dan TAF ada di Nusantara Hall, booth FIF ada di Hall 9, booth Permata Bank ada di Hall 7, booth Asuransi Astra ada di Hall 10, dan booth Astra Life ada di Hall 3. Ya hitung-hitung sekalian olahraga jalan kaki. Minimal sehari kan kita disuruh bergerak 10k langkah. Boleh lah.

Setiap booth punya hiburan dan permainan yang berbeda-beda. Di booth utama, ada program sosial I Care I Share. Di mana pengunjung diajak untuk menuliskan apa saja finansial goals mereka. Nantinya setiap goal akan dikonversi menjadi donasi. Cara mainnya juga menarik. Memakai board ketapel yang nantinya akan dilontarkan ke sebuah layar. Di layar itu lah setiap goal kita akan tercatat dan dikonversi. Tentu saja setiap booth menyediakan merchandise eksklusif dari Astra Financial.

Masih ada waktu loh kalau kalian pengin datang sekarang. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk datang ke GIIAS dan bertandang ke booth-booth Astra.         


  

No comments:

Post a Comment