Friday, November 9, 2018

Great British Circus: Sirkus Tanpa Eksploitasi Hewan

Sudah lama sekali gue nggak nonton sirkus. Terakhir kali kayaknya pas gue masih SMP dengan ingatan dalam sirkus tersebut ada atraksi Tong Edan, eh atau itu di Pasar Malam ya bukan sirkus? Entah, kenangan masa lalu kadang suka tercampur-campur saking sudah lamanya. Sial, ini tandanya gue sudah tua. Ha ha ha.

Tanggal 8 November 2018 kemarin, gue mendapat kesempatan menyaksikan lagi pertunjukkan sirkus. Kalau dulu gue nonton sirkus yang beratraksi adalah orang lokal, kali ini sirkusnya impor dari Inggris. Great British Circus, begitu nama kelompok sirkus yang sudah tampil berpindah-pindah di beberapa tempat di Jabodetabek beberapa bulan belakangan ini. Kali ini mereka nyasar ke BSD.


Tadinya gue sedikit bingung, di mana itu Greenwich Park BSD yang menjadi lokasi didirikannya tenda raksasa tempat sirkus ini akan tampil. Ternyata nggak begitu jauh dari QBig Mall di Jalan BSD Raya Utama. Patokannya kalau dari tempat gue, dari Aeon Mall lurus terus melewati Froggy yang searah dengan QBig Mall. Sekitar 1km dari mall tersebut berdirilah tenda sirkus tersebut. Sebenarnya sudah ada papan petunjuk juga sih yang memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasinya.

Ketika gue sampai keadaan sekitar sudah ramai. Gue datang bersama dengan kedua anak gue. Mereka sangat antusias ketika tahu mamaknya mendapat tiket sirkus gratis dari @resindential.bsd dan @caelus_id. Ini menjadi kali pertama bagi keduanya melihat sirkus. Biasanya kan hanya nonton di Youtube saja.

Kami mendapat kesempatan menyaksikan pertunjukkan pada jam 4 sore. Antrian dari pintu masuk sampai ke dalam arena sirkus tidaklah begitu padat menyesakkan. Ramai tapi masih lega.

Sesaat setelah kami duduk, para penjual makanan dan minuman ringan sudah berdesakkan menjajakan jajanan mereka. Ada juga penjual mainan dengan lampu warna-warni yang kalau anaknya nggak kuat iman pasti pengin minta diborong semua. Gue datang cashless karena lupa ambil duit di ATM sehingga ada alasan untuk ngeles ketika anak gue mulai minta dibeliin macam-macam. Oh tenang, mereka sudah tahu kalau mamaknya nggak pegang duit artinya nggak bisa minta beli, beda kalau ada pasti bisa minta semaunya mereka.

Pertunjukkan dibuka dengan tampilan ala-ala Moulin Rouge dari beberapa perempuan berkostum kabaret. Lalu sepasang penghibur yang kocak dengan sulap sederhana. Mbak-mbak lentur yang bermain Hulla Aerial, pertunjukkan hula sambil gelantungan. Mas-mas bule ganteng yang bikin berdecak kagum saat main Rollabolla karena keseimbangan tubuhnya yang luar biasa. Mbak-mbak yang tampil dalam Hair Aerial dengan kekuatan rambut yang bikin pengin nanya, itu samponya pakai sampo apaan? Duo cowok latin yang bikin jantungan di Wheel of Stunt. Gerombolan pemain Trapeze. Dan diakhiri dengan Crazy Globe, oh ini highlight banget sik. Main motor dalam satu globe raksasa. Bukan hanya satu atau dua motor, tapi empat motor sekaligus.


Yang menarik dari Great British Circus ini, no animal abused. Biasanya kan sirkus identik dengan hewan-hewan show, mulai dari reptil, beruang sampai karnivora seperti singa dan harimau. Alih-alih memakai hewan, mereka berkostum layaknya unta, harimau dan beruang kutub raksasa. Terlihat canggung tapi tetap menghibur. Bahkan ditampilkan juga dinosaurus menjelang Crazy Globe. Anak-anak kecil yang hadir terlihat sangat kagum, mata-mata mereka membulat besar.


Pertunjukkan berakhir jam 6 sore. Dua jam yang penuh kemeriahan dan menghibur. Bisa tonton di vlog gue juga. 




     
Nah, ini hal-hal yang perlu diketahui sebelum menonton Great British Circus di BSD:
1.     Sirkus ini dimulai dari tanggal 3 November – 2 Desember 2018.
2.    Pertunjukkannya mulai hari Rabu-Jumat pukul 16.00 dan 19.00 saja. Hari Senin dan Selasa mereka off, kecuali pada tanggal 19-20 November.
3.      Pertunjukkan pada akhir pekan terdiri atas 3 show, pukul 13.00, 16.00, dan 19.00.
4.      Harga tiket berkisar dari Rp150.000-Rp350.000

3 comments:

  1. Naaah sirkus yg ga pakai binatang gini aku jg suka mba. Kdg kasian kalo liat binatang2 diforsir kerja apalagi di sirkus. Masih sampe desember yaaa sirkusnya. Pgn ajakin anak2 nonton :). Mrk juga blm pernah nonton sirkus sebelumnya

    ReplyDelete