Wednesday, December 20, 2017

Mengenal Bali Lewat Budayanya



Suatu waktu gue bermimpi akan menginjak Jogja. Sebuah keinginan kecil yang sekali dua kali gue ucap dalam hati tanpa berharap lebih.

Katanya ucapan bahkan keinginan terkecil sekali pun adalah doa. Ya, benar adanya. Beberapa waktu yang lalu gue akhirnya bisa ke Jogja dengan cara yang gak gue duga sama sekali. Benar-benar di luar ekspektasi. Tapi akhirnya satu mimpi lunas sudah.

Mimpi Receh itu Bernama Jogja

Serupa dengan Jogja, gue punya mimpi yang sama dengan Bali. Bahkan jauh sebelum berharap bisa menginjak Jogja, Bali sudah lebih dulu gue patri dalam hati.

Sering sekali gue berucap, suatu hari gue bakal ke Bali bagaimana pun caranya ketika ada foto-foto teman yang sedang liburan atau artikel tentang Bali bertebaran di linimasa media sosial gue. Cepat-cepat gue amini dalam hati. Kali aja semesta membuka jalan. Beberapa artikel bahkan gue favoritin agar suatu waktu berguna saat gue bisa ke Bali.

Yang entah kapan...

Kalo ditanya kenapa gue kepengin banget ke Bali, mungkin alasannya karena gue cinta kebudayaan bangsa ini.

Sejak merantau gue baru bisa menghargai kebudayaan daerah sendiri. Buat gue, budaya adalah cerminan bangsa dan juga diri kita sendiri. Sebagaimana budaya mengajarkan keberagaman dan keunikan, budaya juga membentuk manusia-manusianya. Walau gak semua manusia terbentuk untuk menghargai budayanya.

Mungkin saking cintanya dengan budaya, gue jatuh cinta dengan kota-kota yang memegang erat kebudayaannya. Mungkin itu juga alasan kenapa gue jatuh cinta dengan Bali walau hanya mengetahuinya lewat berita dan foto. Karena akar budaya di Bali masih sangat kental walau daerah tersebut terbuka dengan modernisasi.

Jika ditanya ke mana gue akan pergi saat berada di Bali, gue sudah menyediakan beberapa list-nya.

1. Bali Art Centre

Gue pengin ke Perpustakaan Widya Kusuma, di mana tersimpan buku buku tentang sejarah Bali. Karena membaca sejarah membuat kita mengenal lebih intim suatu tempat atau daerah.

Apalagi di lokasi Bali Art Centre ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi sekaligus.

  • Komplek bangunan suci meliputi: Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dll.
  • Komplek bangunan setengah ramai meliputi: Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan tempat ini merupakan aula tempat pameran seni Bali.
  • Komplek bangunan ramai meliputi: Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa (keduanya berada di selatan Sungai).

Source: balihaven.com

2. Pura Besakih

Besakih berasal dari kata Basuki yang artinya selamat. Pura ini menjadi awal mula penyebaran agama Hindu di Bali.

Mengenal lebih dekat tempat yang dianggap keramat tentulah menghadirkan sensasi tersendiri. Alasan ini yang membuat gue kepengin mendatangi Pura Besakih. Biar bisa melihat lebih dekat bagaimana pura yang disusun atas dasar keseimbangan antara manusia, Tuhan, dan alam ini masih tetap berdiri kokoh sejak masa purbakala.

Source: villabali.com

3. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Untuk menyaksikan berbagai pertunjukan dan kegiatan kesenian, kebudayaan serta pameran dalam satu area, Taman Budaya GWK ini tempatnya. Karena siapa bilang kesenian tradisional dan modern tak bisa menyatu.

Amphitheatrenya saja memiliki kapasitas 800 tempat duduk dengan tatanan akustik kelas satu. Bisa puas menyaksikan pagelaran seni budayanya jika datang beramai-ramai.

Source: fourlook.com

4. Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu ini adalah satu dari enam pura yang keramat di Bali, khususnya bagi umat Hindu.

Melihat Tari Kecak di Uluwatu adalah salah satu wishlist gue.

Source: bali.com 

5. Pura Ulun Danu

Pura ini dibangun untuk khusus untuk dewi air, Ida Batari Dewi. Sudah ada sejak zaman megalitikum yang dipergunakan untuk acara-acara ritual.

Pura yang dibangun untuk dewi air, sounds legit.

Source: bali.com

Lima tempat itu menjadi tempat yang gue idam-idamkan untuk didatangi terlebih dahulu jika kelak berjodoh dengan Bali. Walau kepenginnya pergi ke semua sudut di Bali, cuma ya ingat fisik yang kayaknya udah gak muda lagi (baca: jompo).

Bagi gue belajar mencintai bangsa sendiri dimulai dengan mencintai kebudayaannya terlebih dahulu.

Tapi tentu saja kalo ke Bali, gak hanya datang untuk menikmati seni dan budaya saja. Bali itu setali tiga uang dengan pantai-pantainya yang cantik. Belum ke Bali kalo gak berkunjung ke pantainya juga.

Pantai yang pengin gue datangi itu surga kecil bernama Nusa Penida.

Source: balifunky.com
Walau belum sepopuler Nusa Lembongan, Nusa Penida menawarkan kecantikan duniawi yang sulit buat ditolak. Beberapa spotnya bak surga tersembunyi semisal, Pantai Klingking, Raja Lima, Angel's Billabong, dan Broken Beach.

Dan kalo sudah di Bali biar budget bisa dipakai puas-puasin untuk menjelajah Pulau Dewata, kita bisa loh memilih penginapan berbudget rendah tapi gak murahan. Bisa hemat tapi bisa nyenyak juga pas beristirahat.

Karena gue punya teman dan saudara di Sanur, kalo nginap akan memilih di Reddoorz @Batu Sanur biar lebih dekat bersilahturahmi.

Tempat tidurnya gede dan fasilitasnya lengkap. Gak rugi apalagi di daerah Sanur yang emang lokasi  yang sering dikunjungi wisatawan.


Trus lokasi Reddoorz ini dekat dengan beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama.  Semisal Waroeng Madu Sedana (600m), Restoran Natrabu (1.8km), Massimo Italian Restaurant (2.3km), Pantai Batu Jimbar (2.5km), Bali Beach Golf Course (2.4km), Pantai Mertasari (4km), dan Pantai Sanur (2.6km).

Guest house ini juga cukup lengkap, ada area parkir mobil, dapur, penyimpanan bagasi, kulkas, front desk 24 jam, dsb. Cocok untuk pasangan, backpacker atau keluarga yang ingin berlibur menikmati tahun baru.






Kalo pesan sekarang lagi diskon, loh. Jadi lebih hemat lagi.


Karena Bali adalah paket lengkap, sungguh berharap bisa menjejak dan bercerita banyak jika ada jodoh ke sana.

2 comments:

  1. Siapa sih yang nolak kalo diajak liburan ke Bali?! Saya aja gak nolak kalo ada yang ngajak liburan kesini, heheeh... Semoga tercapai jalan-jalan ke Bali nya ya, aamiin... BTW saya juga ikutan loh, KUYlah berkunjung dan komen di blog Ndeso saya,

    ReplyDelete
  2. Keren sekali wisataya. Patungnya megah dan besar sekali. Sukses ya buat lombanya [kangamir dot kom]

    ReplyDelete