Wednesday, August 22, 2018

SATU BSD dan Kota Masa Depan

Hampir satu dekade menetap di Cisauk, selama itu pula gue melihat progress pembangunan di BSD yang sangat cepat. Dari jalan raya yang dibuat lebar, perumahan mevvah yang kalau nggak salah ingat saat itu yang baru selesai dibangun adalah Green Cove. Sedangkan perumahan Foresta, Sinarmas World Academy dan Teraskota masih dalam tahap pembangunan.

sinarmas.com

Banyak sekali perkembangan dan pembangunan di BSD yang setiap kali gue lewati jalannya dari Cisauk menuju ke Alam Sutera sedang dalam tahap pembangunan dan tanpa sadar sudah selesai dibangun. 

Sebelum Universitas Atmajaya dibangun dulunya itu adalah perkebunan kelapa. Sekali waktu gue pernah masuk ke dalam lewat setapak kecilnya hanya untuk mencari tahu, ada jalan tembusan apa nggak. Well, ada sih tapi nggak tahu sampai mana. Ha ha. 

Semua seolah berdiri dalam sekejap mata. ICE, AEON Mall, Froggy, bahkan bangunan-bangunan yang jalannya nyambung sampai ke daerah Gading Serpong seolah semua adalah proyek semalam saja bak dongeng Sangkuriang. Sungguh luar biasa sekali Sinarmas Land ini. 

Belum juga habis heran dan kagum, Sinarmas Land berencana mempersiapkan Sillicon Valley-nya Indonesia. Yang kerja di dunia digital pasti tahu apa ini Sillicon Valley. 

Di atas lahan sebesar 26 Ha. Sinarmas Land berencana membangun sebuah kota masa depan, Digital Hub namanya. Tempat dengan berbagai inovasi yang memungkinkan anak muda untuk berkarya dan berkembang.

Digital Hub ini merupakan inovasi atas kebutuhan masyarakat pada era teknologi digital. Sebuah ekosistem yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multiakses. Kawasan ini dipersembahkan untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari startup company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT science. 

Keunggulan Digital Hub mulai dari kelengkapan infrastruktur akan dilengkapi dengan Fiber Optic Backbone, Survellaince System, Integrated Command Centre, Free Public WiFi, One Smile Apps, Global Public Cloud Network, dan Home for Digital Community. 

Kayaknya dulu hal semacam ini hanya ada di film SciFi yang rasanya nggak mungkin terjadi. Tapi dengan perkembangan teknologi saat ini, semua menjadi mungkin dan masuk akal.

Sinamar Land juga membuat Program Satu BSD yang merupakan forum silaturahim yang bergerak di tiga bidang yaitu Berdikari, Sehat, dan Damai. Program ini diharapkan mampu menjadikan BSD sebagai ekosistem yang terhindar dari isu SARA, sehingga semua penghuni di dalamnya merasa nyaman dan aman. 

BSD yang dibangun pada lahan seluas 6.000 Ha, belum semua selesai dikerjakan. Masih banyak proyek kejutan yang akan dilakukan oleh Sinarmas Land. Kira-kira ke depannya BSD akan secanggih apa ya? 

BSD Blogger Gathering 





No comments:

Post a Comment