Monday, August 13, 2018

Akhirnya Belajar SEO

Gue dengar tentang SEO sebenarnya sudah cukup lama. Selama itu pula gue nggak berniat belajar. Padahal dengan menjadi seorang blogger, belajar SEO itu penting. 

Siapa yang nggak mau postingan blog-nya berada di laman paling atas di situs pencarian? Mungkin cuma gue juga. Wk. 

Apalagi banyak sekali lomba tentang SEO dengan hadiah yang menggiurkan. Para blogger kuter aka kuis hunter pasti demen. Cuma gue yang nggak berminat karena; 
1. Tadinya gue ngeblog cuma buat hepi hepi aja. Nulis apa yang pengin gue tulis di blog dengan tema yang kebanyakan nirfaedah. 
2. Asumsi awal gue tentang SEO itu rumit. Serumit belajar C++ semasa kuliah dulu. Udahlah dapat nilai C sampai sekarang gue tetap nggak ngerti juga. *bablas curcol*

Sampai ternyata dengan ngeblog bisa membawa gue ke mana-mana dan menang lomba blog beberapa kali. Nah, loh?

Semacam kode kalau gue seharusnya harus serius mengurus blog gue, yekan? Dimulai dengan belajar SEO misalnya.

Kira-kira hari Selasa, 7 Agustus 2018. Gue berkesempatan untuk pertama kalinya belajar tentang SEO. Terima kasih banyak dulu ke Bank Mandiri dan Medialogy yang sudah mengundang gue menjadi salah satu peserta, "Workshop Blogger – Penulisan Search Engine Optimization" di Mandiri Inkubator Bisnis, daerah Jakarta Selatan. 

Acara dimulai dengan makan siang. Ya kan acaranya siang jadi mesti makan dulu, naik KRL Cisauk-Kebayoran trus sambung gojekan juga butuh tenaga. #halah

Acaranya dibuka sama Mbak Maristella Triharyanti selaku Assistant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri. Sayangnya beliau agak sibuk jadi cuma menyapa aja trus cabut.


Mbak Fushiko Binar Ardani sebagai Transaction Banking Retail Sales hadir untuk mempresentasikan tentang Mandiri Online


Mandiri Online merupakan layanan integrasi dari mandiri internet dan mandiri mobile. 

Nasabah cukup mendaftarkan diri dan mengaktifkan layanan transaksi finansial mandiri online di kantor cabang terdekat dengan membawa identitas diri, buku tabungan dan kartu debit mandiri. Setelah melakukan pendaftaran, nasabah melakukan aktivasi online pada aplikasi mandiri online melalui ponsel nasabah.

Mandiri Online menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi finansial. Manteman-teman tinggal unduh aja di App Store atau Play Store.

Dari Mbak Fushiko yang nggak berhenti fangirling Reza Rahadian selama menjelaskan tentang Mandiri Online. Beralih ke Rendy Doroii yang membawakan materi SEO.



Btw, akhirnya ketemu ya cuy. Hahaha. Gue kenal Doroii di Twitter. Sudah follow cukup lama dan kemarin itu ketemu untuk pertama kalinya. 

Doroii yang gue kenal dari circle Twitter gue sih orangnya jago nulis fiksi. Eh, ternyata jago juga tentang SEO. Dia sudah menjadi praktisi SEO selama bertahun-tahun. Pantas dia juga yang ngasih materi tentang Search Engine Optimization ini.

Doroii memulai dari judul tulisan. Setelah membuat judul tulisan, kita juga harus mengatur url link. Url link yang efektif itu ternyata nggak usah panjang-panjang. Jadi misalnya url link kita, "Mencari Sugar Daddy di Real Life Ternyata Tidak Mudah". Panjang kan? Cukup kita atur menjadi "Menjadi Sugar Daddy" aja. Ini membuat tulisan kita lebih mudah dicari sih. Kalau nggak salah. #lah

Dalam menerapkan penulisan SEO, Doroii menggunakan platform wordpress dengan plugin Yoast. Atuhlah gue nggak ngerti apa-apa soal plugin-plugin beginian. Hahaha. Tapi katanya, menggunakan plugin ini kita bisa tahu kekurangan tulisan kita. Walau nggak bisa dipercaya 100% juga karena Yoast ini lebih kepada penggunaan postingan berbahasa Inggris.

Banyak sekali materi yang berguna yang Doroii bagi tentang SEO. Bagi yang sudah jago pasti sudah tahu triknya apa saja. 

Nah, sekalian menguji dan memanggil para blogger kuter dalam mengasah SEO. Jadimandiri dan bankmandiri.co.id mengadakan lomba SEO. Kalian buka aja di http://bit.ly/lombaseomandiri hadiahnya bikin mupeng. 

Gue mau ikut? Hmm.. Untuk sekarang belum. Tapi lombanya bukan hanya SEO aja kok, tapi lomba blog juga. 

Jadi, siapa yang berminat ikutan? 







No comments:

Post a Comment