Monday, July 10, 2017

Okja: Antara Dongeng dan Satire



​Sutradara Bong Joon Ho kembali lagi dengan film dongeng futuristik tentang babi hasil GMO dan bisnis perusahaan yang gila. 

Okja adalah sebuah film bergenre dongeng scifi yang berisi pesan satire yang kuat dan penuh ketulusan. Film ini baru saja tayang tanggal 28 Juni kemarin di Netflix.

Film ini berkisah tentang Mirando korporasi yang berusaha membangkitkan kembali kejayaan perusahaannya dengan proyek baru yang terdengar ambisius namun masuk akal. Perusahaan ini menjanjikan babi super organik dan ramah lingkungan. Babi super ini dipercaya bisa menjadi bahan pangan yang bebas polusi. 


Presiden baru dari Mirando korporasi adalah Lucy Mirando dan memiliki saudara kembar bernama Nancy Mirando yang diperankan ganda oleh Twilda Swinton. 

Lucy sendiri digambarkan sebagai sosok eksentrik dan fashionable. Yang menganggap dirinya jauh lebih baik dari saudara kembarnya yang pernah menjabat sebagai presiden Mirando korporasi sebelumnya. 

Selain tidak menyukai cara kepemimpinan saudaranya, Lucy juga suka membandingkan dirinya dengan ayahnya. Lucy menganggap ayahnya adalah sosok yang jahat yang merusak imej dari Mirando korporasi sebagai pabrik penyiksa binatang. 

Sekarang, saat Lucy yang berkuasa, dia ingin menjadikan Mirando korporasi sebagai perusahaan yang ramah dan baik untuk lingkungan maupun sekitar.  


Selain sosok Lucy yang eksentrik, ada tokoh bernama Johnny Wilcox. Johnny adalah mantan pembawa acara tv tentang fauna yang sangat disukai. Kebiasaannya mabuk-mabukan membuatnya tak lagi mendapat tempat di televisi tapi beruntung bisa menjadi wajah bagi Mirando korporasi. 

Johnny Wilcox diperankan oleh Jake Gyllenhaal yang hampir-hampir tak dikenali karena akting dan penampilannya yang berkembang drastis.


Protagonis Mija, diperankan oleh Ahn Seo Hyun menjadi satu-satunya perspektif yang waras di film ini. 

Mija adalah anak perempuan yang tinggal bersama sang kakek yang terpilih sebagai salah satu peternak untuk membesarkan seekor babi super di sebuah bukit di pedalaman Korea. 

Kepolosan dan ketulusan Mija dianggap bisa menjadi penyeimbang di antara kegilaan Johnny, Lucy dan Jay. 

Glenn from Walking Dead juga ikutan main. :')

Jay adalah seorang aktivis perlindungan binatang yang diperankan oleh Paul Dano.

Sosok Jay sebagai ketua yang radikal di kelompoknya, terasa hampir mirip dengan karakter Lucy. Jay terobsesi dengan imej diri sendiri dan lebih mementingkan kemurnian ideologi sebagai seorang aktivis.

Di film ini penonton seperti diperhadapkan pada pemimpin-pemimpin hipokrit, di mana satu-satunya yang bisa dipercaya hanya hubungan kedekatan antara Mija dan Okja. 


Karya-karya dari Bong Joon Ho, termasuk film The Host dan Snowpiercer, kebanyakan adalah penggabungan dari dark satire dan scifi action. Dia tak pernah takut untuk memberi "pesan" jelas tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk di setiap filmnya.  


Okja adalah sebuah gambaran dongeng berisi satire, keajaiban, dan kegelapan, namun dengan warna ceria. Tapi saat mengetahui moral dari cerita di dalam film ini, kita akan merasa mual pada kenyataan sebenarnya. Karena dongeng tak selamanya berisi tentang kebahagiaan.

*)tulisan ini juga ada di opini.id

No comments:

Post a Comment